Selasa, 17 Juli 2012

Pulau Seho dan Pulau Empat Kepulauan Sula



Salah satu kebanggaan daerah kepulauan taliabu adalah dengan adanya wilayah pulau seho yang memiliki karakteristik daerah bawa laut yang banyak menyimpan potensi keindahan bawa laut ysng besar, topografi perairan yang curam membuat daerah ini sangat menghibur mata para penyelam yang melakukan kegiatan diving. Selain karakteristik tersebut, Pulau seho dan Pulau Empat memiliki salah satu keunggulan biota laut yang jarang ditemui para penyelam pada umumnya dan belum perna dijumpai didaerah lain.  Ciri khas jenis ikan pipe fish yang bentuknya berbeda dengan pipe fish lainnya membuat karakteristik daerah ini memiliki potensi yang sangat  kuat dan layak untuk di kembangkan. Pada kelaman 4 sampai 7 meter kita bisa jumpai kontur perairan yang menyerupai atap pada bagian atasnya dan seperti membentuk suatu goa dengan ukuran besar dan panjang hampir mengelilingi pulau ini. Selain itu jenis ikan-ikan yang berukuran besar dan bergerombol bisa kita jumpai di daerah ini.Text Box: Soft Coral Bagi para penyelam yang memiliki hobby photografi dengan pengambilan gambar  wide ang le daerah ini merupan tempat yangt cocok dilakukan. 

Dinamakan pulau 4 dikarenakan daerah ini terdiri dari empat  bagian pulau kecil yang jaraknya berdekatan. Daerah ini memiliki topografi perairan yang curam atau biasa dikatakan daerah penyelaman yang berbentuk dinding (wall). Topografi perairan yang memiliki karakteristik seperti ini tentunya banyak diminati pengunjung atau wisatawan.
lunak juga tak kalah indahnya karena memiliki fariasi warna yang indah menghiasi ekosister perairan laut daerah ini sehingga membuatnya lebih bernilai dan memiliki daya tarik para penyelam untuk datang kembali menyelam di tempat ini.

Geografis daerah ini terletak pada (S 01058’12,3” E 124018’35,0”), kisaran suhu berkisar 26-280C dengan  kejernihan air mencapai 30 meter dan memiliki kecepatan arus 1 sampai 4 knot.
Fotografer by. Jason Isley/Scubazoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar